Mitos Nyi Roro Kidul

Mitos Nyi Roro Kidul

Laut Selatan Jawa dipercaya memiliki kekuatan gaib yang dikontrol oleh sosok wanita cantik dan terkenal dengan “Mitos Nyi Roro Kidul”. Karena cerita ini sudah dibawa turun-temurun jadi tidak heran banyak orang yang tinggal di Jawa percaya akan kisah horor nyi Kidul.

Mitos Nyi Roro Kidul

Meski sosok Nyi Roro Kidul belum pernah dilihat, tapi gambaran masyarakat yang dilukis oleh seorang seniman asal Jawa. Wanita penguasa Laut Selatan Jawa tersebut memiliki paras wajah cantik jelita. Tubuh yang indah, rambut panjang, berbaju kental jawa berwarna hijau & menggunakan sarung adat.

Dibalik Keindahan Pantai Selatan Jogja Tersimpan Mitos Nyi Roro Kidul

Padahal pantai selatan di Jogja itu sangat indah, namun sepi cuma ada beberapa orang saja berani datang kesana. Ada banyak peraturan kalau anda ingin jalan-jalan kesana, pertama berpakaian yang sopan. Hindari penggunaan pakaian / aksesoris berwarna hijau, mitos nya kalau ada yang berwarna hijau maka pasti diculik sama Nyi Roro Kidul.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain. Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya.

Mitos Nyi Roro Kidul

Menurut kisah legenda Jawa yang misterius sampai saat ini, Nyi Roro Kidul itu lahir dari ratu Ayu. Yang sangat cantik dan disayang Raja, sejak masih bayi Nyi Roro Kidul sudah bisa berbicara layaknya orang dewasa. Sehingga ibu kandungnya sendiri pun cukup takut kepadanya, ditambah Nyi Roro Kidul sering berbicara kalau dirinya akan menguasai lautan selatan Jawa.

Saat Nyi Roro Kidul menikah dengan raja di Jogja pada usia 15, Nyi Roro Kidul menghilang di malam pertama. Sang raja menemukan beberapa ular berwarna hijau di kamar istrinya tersebut. Setelah 28 hari Nyi Roro Kidul kembali ke Istana, namun karena merasa ada keanehan. Maka Raja itu memutuskan untu menghusir Nyi Roro Kidul dari istana.

Tidak terima, Nyi Roro Kidul pun kembali ke kamar raja di malam hari. Kemudian menculik Raja itu, hingga sekarang tidak terlihat dimana keberadaan Raja tersebut. Menurut kisah yang beredar Nyi Roro Kidul lah yang menculik nya dan menjadikan tawanan dibawah Laut Selatan Jawa. Nyi Roro Kidul tidak melepasnya karena rasa cinta & sakit hati kepadanya.