Kuntilanak (bahasa Melayu: pontianak atau puntianak) atau sering disingkat kunti adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “puntianak” merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”.

Asal Usul Kisah Kuntilanak

Sebagian besar penduduk Indonesia percaya dengan hantu perempuan paling menakutkan di Indonesia ini. Film Kuntilanak yang pernah tayang di layar TV tanah air sangat berbeda dari kisah asli Kuntilanak dari Pontianak. Yang membuat setan Indonesia ini sangat terkenal dan ditakuti salah satunya adalah nada ketawanya yang sangat melengking.

Asal Usul Kisah Kuntilanak Dari Pontianak

Kepercayaan orang pontianak kalau hantu kuntilanak Pontianak sudah ada sejak tahun 1600-an. Hantu ini adalah wanita yang baru menikah dan pertama kali mengandung, namun nyawanya berakhir karena pendarahan. Bayi yang akan dilahirkan juga tidak sempat keluar, karena pada saat itu belum ditemukan sistem melahirkan dengan sesar.

Kuntilanak sejak dahulu juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari Nusantara. Karena mitos ini sudah ada sejak tahun 1600, kota Pontianak agak ditakuti oleh para pendatang. Selain itu juga kota Pontianak punya macam-macam jenis makhluk astral lainnya. Disini juga warga lokal takut untuk berbuat macam-macam seperti Bermain Situs Judi Online Resmi.

Asal Usul Kisah Kuntilanak

Dalam kisah film horor Indonesia, kuntilanak selalu digambarkan sebagai wanita yang berbaju putih dan berambut panjang. Padahal pada wujud aslinya kuntilanak itu berpakaian warna merah, serta tidak mengluarkan tawa melengking loh ! Tapi seperti yang sudah kami sampaikan, cerita di film sangat berbeda dengan kisah aslinya.

Selain itu di Pontianak kuntilanak terkenal bisa berubah wujud menjadi sosok perempuan cantik dan berjalan di tempat sepi. Sehingga disana para pria agak takut berbuat macam-macam saat melihat perempuan dipinggir jalan berjalan sendirian. Mitos kuntilanak ini masih sangat kental disana, tapi ada baiknya karena mengurangi pelecehan kasus pemerkosaan wanita.

Hingga sekarang penduduk asli Pontianak tidak ada yang tahu dimanakah kuburan asli dari wanita hamil yg mati saat melahirkan tersebut. Kisah beredar hanya sampai perempuan tersebut tewas saat akan beranak.